Kamis, 05 Februari 2015

Arem-Arem yang Gemuk Menawan



Arem-Arem


Arem-arem merupakan penganan serupa lemper, yaitu gulungan nasi padat yang berisi sayuran atau sambal goreng kadang ditambah ati ayam yang dibungkus dengan daun pisang.  Arem-arem populer sebagai penganan pengganti sarapan, karena makanan ini bisa menambah kenyang dan energi yang cukup.Ukuran arem-arem biasanya dibuat lebih besar daripada lemper. Arem-arem merupakan makanan khas dari Kota Kebumen. Namun sekarang ini arem-arem menjadi makanan sajian yang enak dan lezat di daerah jawa, seperti  Magelang, Klaten, Jogja, Solo dan daerah lain di Jawa.

Arem-arem ini sekarang ini menjadi makanan sajian pada hajatan seperti arisan, rapat, piknik, ulang tahun maupun untuk oleh-oleh. Di samping arem-arem ini mudah cara membuatnya.

Dalam pembuatannya, isi arem-arem yang biasanya adalah sambal goreng dibuat terlebih dahulu. Selanjutnya beras dimasak setengah matang. Nasi setengah matang kemudian ditata pada permukaan rata, isi ditaruh di atas, lalu digulung dengan nasi. Selanjutnya, gulungan dibungkus daun pisang dan kemudian dikukus hingga masak. Ada variasi yang membungkus gulungan nasi dengan semacam telur dadar tipis sebelum dibungkus daun pisang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar